Cara mengatasi gundah gulana

Ada teman yang minta tolong, bagaimana tips untuk mengatasi gundah gulana?
Waduh.. pertanyaan yang sulit…
Tapi tiada salahnya berbagi… berikut ini tips mengatasi gundah gulana.
 
1. Rileks.
Ketika kita sedang gundah gulana, kondisi psikis kita berbeda dengan biasanya. Kondisi psikis ini akan mempengaruhi fisik. Beberapa orang akan meningkat tekanan darahnya. Ada juga yang mengalami capek dan kelelahan yang berkelanjutan, atau nafsu makan yang berkurang, tapi bisa juga nafsu makan akan bertambah semakin parah.
Jadi, usahakan untuk rileks, sehingga kita tidak menjadi sakit secara badaniah… cukup jiwanya saja yang sedikit sakit… :P
 
2. Hibur diri dengan kegiatan lain.
Ingat, kita tidak bisa lari dari kenyataan, tapi kita bisa lari – lari di senayan… hehehe.. frase yang bagus bukan? :P
Maksudnya sih begini… Kadangkala karena gundah dan gulana membuat kita tidak bisa tidur karena selalu memikirkan masalahnya. Cobalah menghibur diri dan mengalihkan perhatian. Siapa tahu, nanti ide dan solusi bisa muncul.
Tapi yang perlu diperhatikan, jangan mencari hiburan yang tidak - tidak alias tidak jelas halal haramnya..
Lebih baik carilah hiburan yang bermanfaat. Kalau perlu hiburan yang murah meriah dan tidak banyak keluar duit. Misalnya dengan lari – lari keliling kampung atau jogging di senayan, kita jadi capek. Ketika pulang, kita bisa tidur dengan pulas

3. Curhat.
Curhat memang bukan penyelesaian masalah. Tapi dengan curhat, ada beban jiwa yang, setidaknya, bisa dikurangi.
Syukur-syukur saat kita curhat, yang kita curhati bisa membantu menyelesaikan masalah. Coba saja curhat ke teman yang baik hati dan suka menolong serta kaya raya. Kalo kebetulan kita punya permasalahan keuangan, bisa jadi permasalahan kita bisa dibantunya.
Punya masalah dengan suami/istri, pacar atau sohib? Coba aja curhat ke suami/istri, pacar atau sohib anda tersebut… berani ga ya??? :P
hmm… tapi ga semua bisa dicurhati seperti itu ya… Kalau kita curhat masalah keuangan ke debitor atau debt collector yang menagih utang kita, bisa – bisa kita malah dicaci maki.. hehehe…
 
4. Selesaikan masalahnya.
Sebagai orang yang gentle, masalah tidak bisa dihindari begitu saja. Cara mengatasi masalah adalah dengan menghadapinya. Kita tidak bisa lari dari permasalahan. Masalah tersebut akan terus ada bila tidak diselesaikan.
Sebenarnya ini bukan tips ya..? Tapi begitulah adanya. Trus bagaimana cara menyelesaikan masalah? Belajarlah dari orang – orang yang mungkin pernah mengalaminya atau lebih tahu tentang suatu masalah. Tapi tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan cara yang sama. Nanti kita akan menemukan sebuah kesimpulan tentang hubungan sebab akibat, permasalahan, analisa dan pemecahannya.
Mungkin bisa digunakan metode Porter Five Forces, 5W + 1H, VRIO framework, atau metode statistik kuantitatif.
Eh, kalo metode-metode seperti ini sangat baik digunakan pada saat ujian, bikin makalah, atau tesis kali ya…
 
5. Kembalikan semua kepada Sang Pencipta.
Ini senjata yang paling ampuh. Minta tolonglah kepadaNya..
Mungkin Dia akan memberi jalan keluar yang lain, atau tiba-tiba masalahnya selesai tanpa kita tahu solusinya.
Dia tidak memberi cobaan kepada hambaNya melainkan sesuai dengan kemampuan hamba tersebut. Bisa jadi setelah ada cobaan ini, kita bisa menghadapi cobaan yang serupa.
 
Tapi… Jangan langsung menyerah kemudian langsung menuju tips ke-5… Usahanya dulu dunk…
Yang jelas, senantiasa berdoa agar selalu dilapangkan dan dilancarkan jalan kita agar tidak terjerumus ke dalam jurang kehancuran.

48 Responses to “Cara mengatasi gundah gulana”

  1. eka Says:

    embeeeeeeerrr.. tp kdg gw ga bs kyk gt coz gw rangnya gampang putus asa so,,,jrg2 gw bs ngibur diri gw. paling gw bs kehibur m tmn2 gw. apalagi kl masalah cowo, waduh pucing n gada abisnya… tp tips2 d atas bkalan gw coba kl gw lg pucing 7 keliling.

  2. arif/tipe'n Says:

    weeeeeee kalo gw lain lagi nih, kalo pusing slelep aja di kali soalnye rumah gw deket kali tinggal nylelep aje pusing nye hilang tapi perut gw yg kembung alias banyak minum air (mblembung nda)

  3. kasih Says:

    emang mudah bikin tips…
    bahkan ak bisa nambah 1000 tips lainnya…
    tapi susah banget bwt nenangin hati yang bener2 tandus…

  4. febby Says:

    gw setuju bngt ma KAsih, hati yang gundah benar-benar susah nenanginnya, mungkin hanya….waktulah yang bisa menjawab….

  5. guguh Says:

    aq kurang stju sm pndpat klian berdua(kasih,febby)klo klian ngmong hnya wktulah yg bs mnjawab atas kegundahan hati klian tp klian gk bner2 tau kapan wkt it akan datang,dan aq pkir klo klian hnya brgntung pd wkt dan tdk brusaha mngatsi kegundahan klian,wkt klian akn trbuang sia2 klian sndri yg akn rugi,inget tengoklah blakang sesekali,krna bnyak hal yg mnarik mnuggumu di depan.,buatlah ksalahan yg dl2 sbgai acuhan jln hdup km..

  6. vennae Says:

    ga yakin dengan saran kamu tuchhhhhhhhhhhh

  7. munir Says:

    WADUUUUH seperti psikiater tahu segalanya bila dah dikerjakan gak berhasil gmn he3x…………
    yang penting PD aja………

  8. shinta Says:

    aku mau nanya gimana caranya menghadapi masalah yang sedang kita hadapi terutama masalah di keluarga saya.jd gini saya sekolah dibayari sama saudara saya tp perlakuaan saudara saya sama saya kurang enak la giman ya caranya

  9. Rie'na Says:

    Eeeeech!,,,
    Bleh nanya blh g cih ,aktu da mslh begini akyu sbl bngt sm pcar akyu yg slalu menang cendiri dan bgtu jg akyu g mau kalh!!!gimana crnya biar akyu g terus2an ga marah2 lagi sm dia””””””””

  10. arif Says:

    oi,aku lagi pusing nih..bisa bantu gak?..aku slalu mrasa hidupku ada yang kurang..gemana cara mengatasinya?.aku udah rileks,cari aktifitas dll tapi ttp aja gak bisa ilang..bantu dong

  11. hazna Says:

    aq juga punya mslh dlm klrga n skrang masih bingung cr mngatasinya.

  12. eta Says:

    blh tnya ga? aq da mslh ma pcr q,crta na gne d kmpz na dy da ska ma cwe tpi cwe t cma nganggp dy cma tman.krna cwe t udh pnya pcr,yg bwt aq mrh pcr q t blng k cwe t lw dy ga pnya pcr.llu pa arti dri hbgnan kmi slma ne lw bkn pcrn?

  13. Raja Cilik Says:

    Apakah ada cara mudah mengatasi masalah ? Barangkali artikel berikut berguna bagi rekan rekan >> Cara Mengatasi Masalah ?

  14. nasrudin Says:

    saya habis kecurian dirumah maling masuk malam2 seperti disirep maling menguras barang2 berharga perhiasan, dompet, hp, surat2 berharga dll. Rasanya sesek dan jengkel kok berani2nya kita lg tidur enak aja masuk kamar sekelurga gak ada yg sadar setelah selesai baru kebangun.
    Untuk ikhlas dan pasrah rasanya berat tp kami mencoba berserah diri kpd Allah swt bhw harta benda itu bisa hilang sekejap tp iman takwa dan ilmu bisa dibawa samapi mati.
    Jadi kesimpulanya ya berserah diri setelah introspeksi diri dan yakin akan kebesaran Allah bhw dalam kesulitan akan ada kemudahan.

  15. Dhe Kucing_Kabur Says:

    kok daku merasa tetep gundah yah!!!

    hehehe…

  16. dian Says:

    boleh nanya ga?gua da masalah tgg personal problem. saya merasa sendiri n sangat membutuhkan teman. tetapi saat bersama org2, dia ga betah brbicara dgn saya. mungkin cara saya yg hanya berbicara setelah itu berdiam diri, ga da bahan untuk di bicarakan.mungkin dengan demikian org2 biasanya menghindari ku saat bertemu dgn org2…
    kira2 jalan keluarnya apa yah?

  17. Hara_luph Says:

    Gua agy da mslh m mntn gua (H). D cini gua py pcr nm’a (K) kebetulan ad ank yg suka m gua nm’a (T). Gua pcrn m K udh agk lma, qt pcrn jrak jwh krn bda skul. Mntn n org ska m gua, 1skul m gua. Tiap gua dkt m T, si H slalu mrh2 g jls, si H jg slalu lampiasin mrh’a m T n organisasi yg gua iktn. H jg ancm bkal blg m pcr gua si K, krn gua dkt m T. Gua dh crt m pcr gua ttg T. Pcr gua gpp, dy g mrh, mlh pcr gua skrg dkt m T. Gua mw ty! Kira2 H np bs mrh2 kyk gto, gua bgg krna hrz dgr dy mrh2. Gmn cr atsn’a. Gua dh coba cr loe tp msh blm b’hsil. Bntu gua y

  18. Adian Says:

    Begitu ya,cara spt itu aq jg tau.tp kadang susah untk menjalankanx.entahlah,intinya semua mslh ad solusix,tinggal kitanya aj mau berusaha menyelesaikanx ato gak.
    Makasih untk masukanx.

  19. ujang Says:

    setiap orang itu di hinggapi rasa takut, cemas, sedih, gelisah, khawatir dll dan setp orang pasti merasakan jadi jalani aja kehidupan ini dengan penuh kedamaian. iklaskan diri untuk disakiti atau dihiyanati ok.

  20. pundik Says:

    sulitt…. brow!!!!!
    tapi solusi ke-4, gw rasa ada benernya,,,,,
    kbetulan n,, gw ada maslh!!!
    smoga dengan solusi anda…. bisa bantu gw!!!
    thanks.

  21. mawar Says:

    iz cieh emang slit bgt Pi thanks bgt lho………………………!!?

  22. inoer Says:

    iya sih… kayak aku sekarang ini nih… lg gundah. kadang sih kalo pas datang wak ustadz aku jd pasrah, tp kalo pas dt syaitonirrojim pasti pengen ngobrak abrik semuanya. hehehehe

  23. dewi kasih Says:

    ok..thank..
    tp mslah”y brtubi-tubi…

  24. tie Says:

    emg paling gampang ngasih tips sama orang tp saat kita merasakan sendiri malah bingung, karakter orang berbeda-beda tidak semua orang berfikiran sama denga anda. okeh…
    mga tips2nya bermanfaat……….

  25. cat Says:

    wah tips nya Ok punya, abis mbaca langsung plong………aku harus menghadapinya dengan jantan………………wekwkekek

  26. wulan Says:

    saya mau tanya,,gimana cara’y mengatasi masalah dengan orang di sekitar,,yang selalu memfitnah saya..?

  27. wulan Says:

    oh iya,,ada 1 lagi,,saya punya masalah,,
    temen” saya sering bgt fitnah saya ke cwo saya,,dan yang sya gx suka,cwo sya itu suka pecya dengn omongan mereka,,gmna cara’y biar tmen” saya berhenti memfitnah saya,,?sya tkut cwo saya percaya dengan mreka,,dan yang sya gx sangka ternyata temen” sya itu berani bilng demi tuhn ke cwo sya,,aph yg sya hrus perbuat..?tlong bantu sya ngatasin mslh in,,,thx iah..:)

  28. ekofuji Says:

    terima kasih qyut…

  29. pusing Says:

    gimana yah cara’y biar orang2 berhenti ngegangguin w dan ngilangin hati yang terlalu berperasaan?

  30. gagukjelek Says:

    cukuplah Allah sebagai penolong…

  31. zura Says:

    semua dah aku jalani,,,,,tapi smuanya gak ada……
    aku capek dengan keadan seperti in…

  32. yeni Says:

    gimana ya ,aku jg bingung akhir 2 ini banyak cinta di hatiku yg tak sewajarnya. tapi aku yakin itu hanya suatu ujian buat ku. doa kan ya semoga aku kuat .amin.

  33. omdedi Says:

    emang pusing kalo ngadepin masalah, apalagi kayak gw masalahnya gak jauh jauh dari duit and duit, maklumlah, coba survive hidup sekarang tuh susah banget….. any solution…… wkwkwkwkwk…..ketawa aja dah

  34. imell Says:

    seperinya sulit untuk menyelesaikan masalah saat kta difitnah org lain….berharap saja dia dapat balasan dari yg diatas (currhaat)

  35. imell Says:

    hai gw lagii,tips kembalikan semuanya diatas paling oke

  36. setiawan Says:

    emmmmmmbbbbbeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr juga low tidak semudah itu kali ye yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee emang persoalan sama kan ada yang seneng jika sepaham ada yang ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, tidak sepaham

  37. lonelywalks Says:

    terima kasih sharingnya, pas banget lagi butuh ^_^

  38. Nila Says:

    W da masalah yg bkin w ga doyan makn n gundah bgt…Gw pcaran diem2 slama 1 1/2 th..Tba2 mama gw tau wkt bka2 laptop gw..Sharian gw di asingin..Cwo gw mau di panggil lg.Posisi dia di luar kota?Umur gw 20th tp msh lum bolh pacran,kluarga gw slektif bgt…Gmana cra a byar gw bsa tenang wakt disidang…Tlog ksh solusi

  39. ree Says:

    sya sdang dpat mslah tp bgung mw mlkukan apa,,,saya difitnah!!!!
    huhhh gawat

  40. didit Says:

    thanks bro nasihatnya, cuman gimana caranya ngilangin gundah karena satu masalah yg gak bakal pernah bisa diselesaikan, antara kenyataan dan hati bro… damn.
    like a ghost.. dihantui setiap waktu

  41. dewi Says:

    ya saran” anda sangat masuk akal dan membantu sekali ….??? kita tidak boleh putus asa dlam hidup …selama ada kesempatan why not kita coba ….. karena Allah tak pernah tidur …apalagi mendengar hambanya yang terus melantunkan do’a …??? InsyaAllah …….??? ada jalan …???

  42. prielove Says:

    GUNDAH ???
    gw lgi mRàsakn nie,
    maLes Smuany,
    tPie thaNks eAw tipZny
    gW coBa :)

  43. pulau tidung Says:

    Mendekatkan diri kepada Tuhan di jamin sukses deh.

  44. Jurnal Psikologi Says:

    Fikiran merupakan panglima dari tubuh. Jika pikiran sehat, jasmani akan kuat dan berdaya.
    Trims, Bro, Postingan yang sangat mencerahkan :)

  45. kayla Says:

    thank bgt solusinya,,..
    tp yg aku herankan kenapa hati ini selalu gundah dikala aku ingat ma anak & istriku..
    maap bkannya nya curhat tp ini emg msalahku..
    anakku udah 2 umurnya cm bda 1 thn tp itu emg rezekiku x eaa..
    umurku msh 25 kerjaan skrg susah,,
    ortuku udh pd cerai..
    gda yg bs di andelin..
    heumm..beginilah hdupku tiada hari tnpa msalah..
    tp biarpun bgtu aku sgt menyayangi keluargaku..
    maapin aku blm bs nyenengin kalian..
    tp aku sllu berusaha untuk bs jd lbh baik..
    berpikir kedepannya supaya kita bs hidup sejahtera..
    sakinah,mawadah,warohmah,,…amin ya alloh…
    ksh aku solusi yg cocok bwt aku dong sobat..hehe..

  46. Wisata Murah Says:

    Banyak makan permen dan kacang goreng.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: