pindahan….. (blog)

Tepatnya hari kamis lalu, blog ini dengan selamat berpindah tangan, dari yang semula dihosting oleh blogspot aka blogger, menjadi wordpress.
Tidak banyak perubahan yang terjadi, hanya pindah data, ganti layout, kategorisasi, bersih – bersih, setting sana setting sini… hmm.. lumayan banyak juga untuk ukuran seorang pemalas😛
Membaca blog mbak yuhana 15-menit-membuat-blog-dengan-wordpress , sangat benar adanya jika kita hanya melakukan registrasi dan ‘first touch’. Tapi ada yang kurang disini, terutama bagi yang pernah ber-blogging-ria.

Ketika registrasi blog ‘gratis’ ini, first attempt saya adalah membuat url dengan 3 characters sub domain name, yang mirip dengan blog sebelumnya: aby. Tapi apa daya diharuskan minimal 4 karakter, dan hasilnya adalah qyut.wordpress.com . OK registrasi selesai, dan langkah selanjutnya adalah mempercantik dan migrasi. Sebenarnya registrasi sudah dilakukan berhari – hari yang lalu *sigh*, tapi migrasinya baru saja dilakukan.😛

Sebelum berlanjut ke migrasi, ada beberapa faktor yang menyebabkan saya ingin bermigrasi ke wordpress:

  1. gratis, pertimbangan utama😛.
    Less maintenance. Actually, if I want, I could afford some hosting, but I am too lazy to maintain it😛
  2. kategorisasi, tidak ada di old blogger (di blogger beta sudah ada)
  3. space, wordpress menyediakan free space (sekitar 50MB) utk data atau gambar kita, sama juga dengan multiply.com (di blogger, susah.. musti cari hosting lain seperti flickr atawa fotopic)
  4. layout, theme-nya sopan dan bagus, bisa dikustomisasi. Di multiply terlalu kaku, dan ada header di bagian atas seperti halnya blogger.com, karenanya di blogger.com saya hack dan di multiply tidak dimaintain lagi. eniwei, I love multiply concept of connecting people rather than friendster.

Next step adalah migrasi. Ternyata sudah dibuatkan import tool-nya. Kita tinggal masukkan user/password kita di old blogger, kemudian *clink* like a magic, keluarlah list blog kita. Klik blog mana yang akan di-transfer, dan *tha-tha..* selesai deh transfer archive-nya berikut comment-nya.

Kemudian berlanjut dengan kategorisasi. Secara default, semua blog yang di-import akan masuk ke dalam ‘Uncategorized’ atau default setting. Just because I was a dummy for this kind of new thing, I renamed this to Lorem Ipsum, and for another dummy act (wrong deletion), I did transfer my blog again😦.
Dilanjutkan dengan kosmetik. Satu hal yang patut diacungi jempol di wordpress adalah templating engine ala theme yang lebih mudah dan flexible. No more pain, like we used to be when using blogger. Tinggal pilih theme, trus sesuaikan warna atau gambarnya, kemudian pasang dan tempel widget-nya. Satu kelemahan dari wordpress edisi gratis dibanding dengan blogger adalah, flexibility dalam mengubah theme. Di blogger, kita bisa seenaknya mengubah source dari template, hingga bikin javascript. Di wordpress??? Tidak bisa untuk versi gratis, bahkan untuk hal yang simple seperti customize css, kita musti bayar…😦 Tak selamanya yang gratis itu memuaskan…

Tak luput dari semua itu adalah setting blogroll, meta, dan rss… semua sudah tersedia !!! simple isn’t it? yang belum ada mungkin widget untuk shoutbox.. tapi, shoutbox tidaklah terlalu penting.. masih bisa ngisi comment koq..

Yang terakhir adalah setting mail. Di blogger, kita bisa dengan gampang nge-blog hanya dengan berkirim imel.. Jadi kita tinggal kirim imel ke alamat yang kita definisikan di blogspot, dan otomatis isi keluar di blog. Atau dengan flickr, dimana kita bisa tambahkan gambar yang akan ditampilkan menjadi satu dengan imel, flickr yang akan menaruh gambar tersebut di servernya dan mengirim artikelnya ke blogspot. Bagaimana dengan wordpress?? hmm.. sepertinya tidak semudah itu.. ada artikel yang membahas Blog by Email, tapi belum dicoba sih.. sepertinya cukup ribet (baca: malas).
Mengapa saya suka blog by email? simple, karena belum tentu koneksi internet lancar, jadi terpaksa kirim by mail. dalam chatting-nya hari kamis itu, Dik in menyarankan menggunakan performancing… patut dicoba nih… have you ever try it?

happy blogging…🙂

One Response to “pindahan….. (blog)”

  1. eygox Says:

    Good site!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: