Penipuan berkedok hadiah

Penipuan semakin marak terjadi di Indonesia. Semakin banyak cara yang digunakan oleh para penipu untuk membohongi para korbannya.

Di bawah ini adalah kupon hadiah langsung dalam kemasan deterjen Daia.
Tampak depan adalah gambar mobil yang jelas sekali bukan Toyota Yaris. Tampak belakang berupa cap / logo yang agak kabur dari perusahaan pembuat deterjen ini, Wing Surya.
kupon hadiah langsung deterjen daia

Ketika nomer telepon yang tertera di kupon tersebut dihubungi, penerima mengaku bernama Eric, Ibu Fairus, atau bisa jadi nama – nama lain atas nama perusahaan yang mengeluarkan hadiah tersebut. Mereka berkomplot, dan menyuruh korban untuk menghubungi nomer – nomer lain untuk meyakinkan korbannya. Salah satunya adalah menyuruh menghubungi Kepala SAMSAT Metrojaya, AKBP Joko Susilo di 021-99084547, atau nama – nama orang pejabat instansi terkenal lainnya yang bisa dikaitkan dengan hadiah.
Bahkan mereka meminta agar jangan melibatkan pihak ketiga untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
Bila dilihat dari nomer telepon yang tertera, 021-68981811, 085215542444, dan nomer – nomer lain yang mereka sebutkan, sangat jelas mereka menggunakan nomer telepon prabayar.
Humas Polda Metrojaya mengungkapkan bahwa kejadian penipuan ini sering dilaporkan. Banyak korban yang sudah terlanjur melakukan transfer sekitar 5-10 juta kepada penipu dengan alasan administrasi dan lain sebagainya. Dengan iming-iming hadiah tersebut, beberapa korban berusaha mentransfer sejumlah uang tersebut dengan cara berhutang atau menjual barang-barangnya terlebih dahulu. Anehnya, bila korban tidak sanggup mentransfer sejumlah uang yang disyaratkan, penipu akan menurunkan “biaya” yang akan ditransfer, bahkan sampai di bawah 1 juta sekalipun.

Masih menurut Humas Polda Metrojaya, kejadian penipuan ini sebelumnya sering terjadi di kawasan Jabodetabek. Tapi akhir-akhir ini mulai merambah ke daerah – daerah di luar Jabodetabek. Modus operandinya pun sama, yaitu dengan kupon hadiah langsung yang ada di dalam kemasan produk – produk tertentu.

Sang penipu ini cukup bermodal juga, sebab dia harus membeli produk asli tersebut (atau bikin sendiri ya?), kemudian memasukkan kupon palsu, dan mendistribusikannya kembali.
Sebaiknya perusahaan – perusahaan yang ingin melakukan promo produknya dengan jalan memberi hadiah lebih bijaksana dan berhati – hati. Karena banyak kecenderungan hal ini dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab.

Buat seluruh masyarakat juga agar lebih berhati – hati terhadap segala bentuk penipuan yang berkedok hadiah.
Alhamdulillah ketika kejadian ini menimpa tetangga saya (dan meminta tolong kepada keluarga kami), belum ada satu rupiah pun yang tertransfer.

update: Daia Wings membuka layanan hotline customernya untuk masalah ini di 021-46822074 atau 0800-1818-818

Posted in Uncategorized. 25 Comments »

25 Responses to “Penipuan berkedok hadiah”

  1. Nur Aini Rakhmawati Says:

    bagaimana cara membedakannya ya ?
    selain lihat nomor telp …

  2. Dewi & Atet Says:

    aduh2..nyari duit kok ada2 aja ya..:( mudah2an kita semua terlindungi dari yang gini2 ya..

  3. raras Says:

    Kebetulan minggu lalu aku dapet 2 sms berbeda yg intinya sama, aku dapet hadiah duit dari indosat.. wes.. wes.. ada2 aja..
    to mbak nur aini: mungkin bisa dengan menghubungi hotline customer service-nya ya mbak🙂

  4. Andi Says:

    wah… banyak sekali penipuan-penipuan yang dananya besar2, jangan2 dipakai dana teroris. Mudah2an bisa ditelusuri.. nich…

  5. Marko Says:

    Saya sedang memegang kupon ‘berhadiah’ beserta sachet daia putih. Ipar saya yang membeli daia tersebut di pasar pondok gede. Begitu senangnya dia ketika dibuka dan menemukan kupon itu, dan langsung menelpon di nomor (021) 30611977 atau (021) 30611988, nomor yang cukup meyakinkan bahwa itu bukan flexi, tapi STARONE. Again, nama-nama spt Ir. H. Irawan, bagian promosi PT. Wings Super, Joko Susilo SH, MSi juga disebut, dan harap datang ke Komdak untuk ngurus BPKB + uang 7,8 jt. Hebatnya, dia bilang, kalau belum ada duitnya, ga usah buru-buru, nanti telepon balik kalau sudah siap + ditawari, mau warna mobil yang mana? ada biru, silver, hitam….
    So, hati-hati kalau belanja keperluan rumah tangga. Penipuan sekarang bermodal, saya sudah cek bagian belakang tengah tempat lipatan yang diduga untuk menyelipkan kuponnya, sangat rapi dan tidak terlihat ada bekas sobekan dan lem. Atau malah produk itu dipalsu juga, beserta kemasannya??? Semakin hebat !!!
    Tolong infokan ke keluarga, pembantu kita, karena modusnya udah semakin sulit di tebak. Tolong juga kepada aparat untuk mengusut tuntas pelakunya. tx

  6. alasketu Says:

    (Ide penanggulangan itu cukup lama ada, tapi selalu tertunda) semoga kita menemukan preventif nya, kita tunggu saja🙂

  7. Lee Kim Says:

    Belum lama lalu saya dapat kupon tersebut. Saya dari Kalimantan Barat. Saat dicoba hubungi yang ada telp yang tidak aktif. unrung belum sempat tertipu
    Astaga….semoga Tuhan mengampuni mereka yang telah menipu.

  8. Gun Says:

    Ibu saya di Yogya barusan kena tipu model ini, sejak beliau kontak saya tentang mendapatkan hadiat toyota yaris dari daia saya sudah curiga. Sejak dulu ibu nggak pernah pake sabun daia, kok tiba-tiba beliau dapat kupon, dari mana? Ternyata awalnya, bapak saya menemukan sebungkus daia ‘jatuh’ di jalan depan rumah, setelah diambil dan dibuka ada kupon berhadiah toyota yaris. Itulah awal bencana, sehingga ibu saya harus kehilangan 4,9 juta ditransfer ke rek si penipu. Hati-hati…!

  9. ibu rahma Says:

    saya membeli sebuah sabun wing ,didlmnya terdapat kupon memenangkan hadiah mobil inova,tetapi saya curiga itu bohong karna kuponya mirip dengan gambar diwebsite ini, berikut no telp yang tercantum dikupon tersebut 085282899777 dan 08889167778,mohon di beri konfirmasi kebenaranya menurut anda.

  10. tora Says:

    kejadian serupa terjadi pada keluarga saya, awal mula kejadian pada tanggal 17 nov 2007 bapak saya mendapatkan sebuah kupon undian dalam kemasan produk deterjen daia yang berisi ANDA MENDAPATKAN HADIAH BERUPA MOBIL HONDA JAZZ bla bla bla tercantum juga didalam kupon tersebut nama nama para pejabat penting dari instansi pemerintah. allhamdulilah uang belum keluar karena saya sendiri belum menelpon orang2 brengsek dan gila penipu harta (maaf) he3…gimana kalo sekali kali kita kerjain tu para penipu….kayaknya ASIK BANGET ya kalo mereka kena kita kerjain…cuma yang jadi masalahnya, gimana caranya brow???????

  11. handiwiranata Says:

    saya sekarang telah memegang kupon berhadiah satu unit mobil toyota yaris.
    saya ragu karena di belakang kupon terdapat cap resmi.
    apakah ini asli atau palsu?
    saya sedang heran.
    tolong no customer servicenya yang asli.

  12. wawan Says:

    hahahaha…om saia juga dapet tuh kupon,,,awalnya seneng, tapi hancur sebelum berkembang,,,lebaaaaaay,,,,hahahahahaha

  13. meskardo Says:

    hari ini bapak saya juga mendapat kupon undian didalam kemasan sabun wings. yang berisikan SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1UNIT MOBIL AVANZA…
    tapi setelah saya selidiki ternyata ini hanya penipuan, untung sekali saya tidak langsung percaya dan mengikuti keinginan2 si penipu untuk mengirim uang tunai sebagai uang muka…
    jadi buat produk wings tolong perhatikan keluhan setiap konsumen yang sudah lama mempercayakan wings sebagai sabunnya. jangan hanya karna kejadian2 seperti ini para konsumen baralih keproduk lain, karna bisa saja orang juga telah memalsukan isi sabun tersebut dan akhirnya pakaian atau apa saja yang di cuci bisa2 hancur semua… :0

  14. Nugroho Adi Pratama Says:

    iyah; temenku ada yang kena beginian; kalo too good to be true jangan dipercaya lah

  15. Ali Murtadlo Says:

    Daia Mana Hadiahnya ?

  16. saga Says:

    klo ketangkep mendingan orangnya suruh nelen sabunnya deterjen mpe pingsan tuh bikin orang susah ja ,

  17. sofyan Says:

    wah klo begitu nich kupon boong….gw dahcuriga sich cos kertasnya aja jelek bangat …
    masa hadiah ratusan juta kertasnya kyk boleh nutur di pembuangan sampah…..
    kita kerjain aja tuh orang telpon dan caci maki klo dia (si penipu) kurang kreatifin alias TOLOL

  18. Sianipar Says:

    Ya yang penting hati-hatilah, telepon ke perusahaan yang bersangkutan nanya benar tidak. Saya juga baru dapat kupon berhadiah (tgl. 20-02-2009) dari WINGS dan anehnya disana ada catatan : “jangan menghubungi nomor lain selain nomor yang dituliskan” dan surat keterangan dari kepolisian ASLI.
    Jadi saran saya kepada PENIPU itu “engkau akan menerima balasannya dari Tuhan yang menciptakan kamu, memang kata hatimu tidak berkata bahwa itu adalah DOSA? entar kamu MATI mau kemana? NERAKA : penyiksaan yang tidak berkesudahan (memang uang sebanyak apapun apa ada gunanya disana, jadi pikirkanlah!)

  19. cevi susman ss Says:

    HADIAH WING’S MERESAHKAN !

    Kepada pihak berwajib,wajib hal ini ditelusuri dan ditindaklanjuti karena meresahkan masyarakat.

  20. aditiarman Says:

    Sy kupon hadiah di kemasan molto,
    Sy sdh hub.castumer servis PT.UNILEVER INDONESIA Tbk.tlpn.085310196888-02192566333, tp custemer servis menyarankan sy trensper uang ke pak HASAN GUNAWAN NO.REK.0180874415 BNI JAKARTA,di dlm kupon itu tercantum hadiah 1 unit kijang INOVA.
    MOHOM IMFORMASINYA………….THANKS

    • ismar..e Says:

      saya juga menemukan kopn hadiah dalam kemasan molto, dengan hadiah utama sebuah kijang innova. Apakah ini hadiah benaran atau tipuan belaka ?

      Tolong konfirmasi yang sebenarnya

      thanks………..

  21. oM Farel Says:

    Tolong dong pihak wings agar lebih tegas terhadap penipuan produk wings jangan diem aja kya orang ga berpendidikan.. mendingan tu2p aja warung wings lw yg lebih ga dari pada warung doyong..

  22. dinda Says:

    banyak penipuan yg mengatasnamakan perusahaan yg tertuju,. hati-hati dan waspada klo ada telp suruh menstranfer uang,..

  23. ilham Says:

    wahhh saya juga dpat dgn hadiah 1 buah honda jazz….
    dgn uang adminitrasi 7juta…..waduhhh…..
    hrus berhati2.

  24. sunarsih Says:

    emang kurang ngajar para penjahat berkedok hadiah,,,
    pesan ane,
    hati2 aja sob,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: