Solo, Kota Jajan Yang Tak Pernah Tidur

Yup.. itulah salah satu title dari situs Kabare Solo .
Dapat info dari milis SMAGA-Surakarta, cukup mengobati rasa rindu bin kangen akan kampung halaman…
Banyak jajanan disana.. bahkan kalo malem-malem kelaperan, tinggal keluar rumah, celinguk kanan kiri, atawa keluar ke jalan besar bentar, ada yang jualan…
Beda banget dengan Jakarta, yang notabene banyak dibilang kota tak pernah tidur, tapi susah bener cari makan..

Di situ tertera juga sejarah dan “besarnya” kota Solo.. sudah ada sejak tahun 1754 dan realita sebenarnya lebih tua dari itu … 🙂
Jadi teringat ketika rekanan, holly a.k.a lynxi a.k.a hollyghozi, saat bertandang ke Solo, pernah berkomentar bahwa Solo itu cuman segitu aja, muter2 ya gitu2 aja.. tak jauh beda dengan Jember..
hix.. 😦 mo protes, tapi ga punya bukti kuat.. lha gimana ga keliatan kecil, yang diputer2in cuman sekitar jalan Slamet Riyadi, Mangkunegaran, dan Keraton….

Ngomongin makanan, banyak macam makanan n jajanan di Solo lhoh…
Sebagian daftarnya ada disini.dan saya yakin masih banyak yang belum masuk..

Lebaran kemaren, sempat muter2 solo, cari srabi gajah di sekitar Ngemplak…
koq udah ngilang ya? patung gajahnya aja udah ga keliatan.. :((
Padahal ini srabi favorit masa kecil….

srabi oh srabi ….

Advertisements

DONAT KENTANG

salah satu makanan kesukaan.. moga-moga suatu ketika nanti bisa bikin sendiri..

oh iya, resep ini diambil dari milis dapurbunda, milis yang dulu diasuh oleh bunda inong (alm.) dan sekarang masih aktif.
fyi, milis masak-memasak lain yang tak kalah rame bisa diikuti di milis naturalcookingclub [NCC].

Bahan :

  • 1 kg terigu cakra
  • ½ kg kentang tess, rebus, kupas dan haluskan
  • 4 btr telur ayam
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 gls air hangat
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1 sdm fernipan
  • 4 sdm mentega

 

Read the rest of this entry »

Posted in MaKaN. 13 Comments »